Gangguan tidur merupakan masalah umum pada semua orang. Gangguan ini dapat menyebabkan kesusahan dan ketidaknyamanan, fungsi siang hari terganggu, dan komplikasi serius. Pada zaman Yunani kuno, Democritus percaya bahwa penyakit fisik adalah penyebab kantuk di siang hari dan gizi buruk adalah penyebab utama insomnia.

Akan tetapi pada sebagian besar dari catatan sejarah masalah tidur ini masih dianggap sebagai akibat dari penyakit medis atau kejiwaan ketimbang gangguan primer. Tidur dipandang sebagai proses pasif, mirip dengan kematian, dan gagasan bahwa fisiologi tidur teratur dapat menyebabkan sindrom spesifik masih belum diketahui.

Kebanyakan kita tidak peduli terhadap pola makan, padahal pola makan juga mempengaruhi aktivitas tubuh kita sepanjang hari. Contohnya saat mau tidur ada makanan yang harus kita hindari, karena makanan jenis ini malah bisa membuat kita terjaga semalaman. Nah makanan apa sajakah itu? Berikut ulasan selengkapnya:

1. Makanan olahan dari susu
Olahan susu memang menyebabkan tidur bisa nyenyak, namun bukan berarti mengkonsumsi olahan susu bakal membuat anda semakin terlelap. Terlalu banyak makan olahan susu bisa membuat nafas menjadi berat dan selanjutnya mengganggu kenikmatan tidur.

2. Makanan Pedas
Makan pedas sebelum tidur bisa menyebabkan gangguan pencernaan, bukan hal yang enak kan jika tengah malam anda terbangun karena harus ke belakang?

3. Dark Chocolate
Cokelat mengandung kafein, terutama dark chocolate, yang merupakan stimulan. Coklat ini juga mengandung theobromine, yang bertindak sebagai stimulan dan dapat menyebabkan sulit tidur. 

4. Makanan dan minuman berkafein
Minuman ber kafein tentu saja mengandung stimulan yang membuat anda tidak bisa tidur, selain itu hindari juga minuman berkarbonasi untuk menghindari dehidrasi di malam hari.

5. Makanan Berlemak Tinggi
Makanan tinggi lemak seperti kentang goreng dapat membuat anda terjaga, selain itu bisa membuat pencernaan kita bekerja ekstra untuk mengolah makanan.

6. Makanan Ber-protein Tinggi
Selain risiko meningkatkan kolesterol dan memperbesar peluang terkena obesitas, makanan berlemak yang tinggi protein, seperti steak, di cerna perlahan dan kemungkinan mengganggu ritme sirkadian jika dimakan dekat dengan waktu tidur.

7. Brokolo dan Kembang Kol
Sayuran seperti brokoli dan kembang kol mengandung tryptophan, yang dapat membantu Anda tertidur, namun ketika dimakan dekat dengan waktu tidur, sayuran dengan jumlah serat tinggi lambat dicerna dan dapat membuat pencernaan anda bekerja hingga larut malam saat Anda sedang mencoba tidur.

8. Alkohol
Alkohol dapat menyebabkan cepat tertidur tapi di ikuti oleh sering terbangun, sering terbangun di malam hari jelas membuat tidur anda menjadi tidak nyaman.

Post a Comment

 
Top